Revitalisasi Tai Kwun Center for Heritage and Arts (Central Police Station Compound) Hong Kong

Central Police Station-History of the CPS Compound(Accessible Version)
Sumber: hkmemory.org

Tai Kwun: Hong Kong's incredible art and heritage experience ...
Sumber: discovery.cathaypacific.com

SEJARAH

Central Police Station Compound (CPS Compound) merupakan Kantor Besar Kepolisian di Hong Kong. Berlokasi di 10 Hollywood Road, Central, Hong Kong. Struktur tertua pada kawasan ini selesai dibangun pada tahun 1864 yaitu bangunan Kantor Polisi Pusat, dan juga termasuk Kantor Magistrasi dan penjara. Membentuk sistem penegakan hukum yang terintegrasi. Terdapat blok barak 3 lantai yang dibangun berdekatan dengan penjara yang bernama Penjara Victoria. Pada tahun 1919, dibangun markas yang baru di sebelah utara blok barak yang menghadap Hollywood Road.

Kantor Magistrasi Pusat (Central Magistracy) merupakan kantor pengadilan yang terletak di sudut kompleks Kantor Polisi Pusat (CPS). Posisinya berada di antara CPS dan Penjara Victoria. Pintu masuk bangunan ini tersembunyi di belakang bangunan dan menghadap blok barak. Dilakukan pembangunan kembali Magistrasi Pusat  antara tahun 1912 dan 1914. Terjadi Kesulitan dan keterlambatan dalam pekerjaan konstruksi yang disebabkan karena penyediaan ruang bawah tanah yang luas di magistrasi baru. Gedung baru ini menampung dua ruang sidang dan dibuka untuk sidang pertama pada bulan April 1915. Terdapat jembatan gantung yang tertutup yang menghubungkan Kantor Magistrasi ke blok barak, digunakan untuk mengangkut tahanan ke kegiatan pengadilan. Sejak Magistrasi dinonaktifkan, jembatan gantung telah dikunci dan jarang digunakan.

Penjara Victoria (Victoria Gaol/Victoria Prison) mulai dibangun pada 4 Agustus 1841. Bangunan ini disebut sebagai bangunan barat pertama yang dibangun dari material tahan lama di Hong Kong. Kompleks penjara ini terdiri dari 3 bangunan tiga lantai, 3 bangunan dua lantai, dan 3 bangunan satu lantai. Lantai teratas akan digunakan untuk pelaku kejahatan yang paling parah. Di dalam bangunan-bangunan ini terdapat akomodasi seluler dan asrama, unit khusus, rumah sakit, dapur, ruang makan / ruang siang, binatu, halaman olahraga, dan blok administrasi. Penjara telah mengalami beberapa tahap ekspansi sejak pendiriannya yang asli dengan yang utama pada tahun 1895 ketika kompleks D Hall dengan gaya arsitektur Neo-Georgia dibangun. Tahap selanjutnya dari ekspansi besar terjadi pada tahun 1914 dengan penambahan B Hall, C Hall dan E Hall untuk mengatasi kebutuhan saat itu. Ketika Hong Kong dinyatakan sebagai pelabuhan suaka pertama bagi para pengungsi Vietnam, Penjara Victoria menjadi pusat transit dan repatriasi. Kemudian dikembangkan menjadi lembaga dengan fasilitas manajemen modern untuk mengakomodasi narapidana yang dikeluarkan  sebelum repatriasi atau deportasi. Victoria Gaol ditutup sebentar pada tahun 1937 setelah para tahanan dipindahkan ke Penjara Stanley yang baru dibangun. Dibuka kembali pada tahun 1939 dan Victoria Gaol diubah menjadi Victoria Prison.

Pada 15 Desember 1941, salah satu bom dari tentara Jepang yang menyerang meledak di dekat Parade Ground CPS, menyebabkan kerusakan parah pada lantai dasar dan ruang bawah tanah dari CPS, termasuk Penjara Victoria. Selama kependudukan Jepang, CPS digunakan sebagai markas tentara penduduk Jepang tetapi kemudian dibombardir oleh pembom Amerika Serikat, sehingga terowongan bawah tanah sebagian besar runtuh dan bangunan di dekatnya juga terpengaruh. Setelah pasukan Jepang menyerah, CPS, Pusat Magistrasi, dan Penjara Victoria direnovasi dan dibuka kembali pada tahun 1946.

Setelah Perang Dunia II berakhir, banyak kantor polisi dibangun selama periode ini karena banyaknya pengungsi yang membanjiri Hong Kong dari Cina daratan dengan jumlah yang cukup tinggi. Dengan meningkatnya angka kejahatan, Departemen Kepolisian mendirikan stasiun secara luas di wilayah tersebut. CPS pada saat itu tidak dapat lagi mengatasi kasus kriminal yang terus meningkat, sehingga Gedung Markas Besar baru dibangun dan diselesaikan pada tahun 1954 di Arsenal Street di Wanchai. Sejak saat itu, CPS menjadi Markas Besar Pulau. Namun, banyak penduduk setempat masih menyebutnya "Kantor Besar" (Tai Kuen).

Selama Kerusuhan 1967, perusahaan anti kerusuhan dimobilisasi untuk menanggapi keadaan darurat di seluruh Pulau Hong Kong. Ruang kontrol didirikan di bekas Kantor Polisi Pusat untuk mengatur kebutuhan sehari-hari seperti makanan, istirahat, akomodasi, dan penugasan tugas. Banyak kasus terkait kerusuhan diadili di Magistrasi Pusat dan Penjara Victoria menjadi tempat penahanan.

Magistrasi Pusat dinonaktifkan pada tahun 1979. Bangunan ini diubah menjadi Mahkamah Agung  pada tahun 1980. Pada tahun 1984, gedung Magistrasi Pusat mengakhiri fungsi peradilannya. Kemudian, bangunan itu digunakan oleh Polisi dan Departemen Imigrasi.


Karena banyak masuknya imigran ilegal dari Cina daratan, pemerintah mengakhiri Kebijakan "Touch Base", yang berarti imigran ilegal tidak lagi dapat memperoleh hak tinggal di Hong Kong mulai 26 Oktober dan seterusnya. Victoria Immigration Center didirikan di 27 Oktober 1980 di Penjara Victoria untuk memproses pelanggar imigrasi.

Pada tahun 1982 sampai tahun 1984, Departemen Penjara berganti nama menjadi Departemen Layanan Pemasyarakatan. Rehabilitasi kemudian menjadi salah satu fokus utama layanan pemasyarakatan. Rumah Bauhinia, yang pernah menjadi menara pengawal di abad ke-19, diubah menjadi rumah singgah untuk narapidana wanita di bawah pengawasan.

Pada 8 September 1995, Kantor Besar Kepolisian (CPS Compound), Magistrasi Pusat (Central Magistracy), dan Penjara Victoria (Victoria Prison) di deklarasikan sebagai monumen dibawah Undang-undang.

Pada September 2004, petugas polisi yang ditempatkan di CPS berangsur-angsur pindah ke Mabes Polri dan kantor polisi lainnya. Pada 17 Desember di tahun yang sama, dilaksanakan upacara "pemukulan mundur". Setelah menurunkan bendera, CPS Compound secara resmi dinonaktifkan setelah layanan 140 tahun.

 Ketiga bangunan ini menjalani program Revitalisasi dan dibuka kembali untuk umum pada tanggal 29 Mei 2018 sebagai pusat kebudayaan dan perbelanjaan yang disebut Tai Kwun (大 館).

REVITALISASI

Pada bulan April 2007, Hong Kong Jockey Club (HKJC) mengajukan proposal konseptual untuk merevitalisasi CPS Compound kepada Pemerintah. HKJC juga mengusulkan sumbangan untuk mendukung biaya modal untuk renovasi dan pengembangan CPS Compound, serta memenuhi biaya manajemen dan pemeliharaan serta defisit operasional.

Selanjutnya, HKJC melakukan latihan keterlibatan publik selama enam bulan dari Oktober 2007 hingga April 2008 untuk melibatkan stakeholder dari berbagai channel dan kegiatan. Selama latihan keterlibatan publik, banyak struktur baru yang diusulkan untuk menampung berbagai pertunjukan dan tempat seni serta pandangan yang cukup beragam. Sementara itu beberapa menyambut desain konseptual, ada juga yang menganggapnya terlalu berlebihan dan tidak selaras dengan lingkungan sekitarnya.

Pada Juli 2008, Pemerintah menjalin kemitraan dengan HKJC untuk meneruskan proyek dengan tujuan mencapai konservasi dan revitalisasi situs warisan yang sangat penting ini dan mengambil kesempatan untuk menunjukkan bagaimana bangunan baru dan berkelanjutan dapat diintegrasikan secara kreatif sebagai situs bersejarah sambil mempertahankan keseluruhan signifikansi sejarah dan arsitekturnya.

Pada Oktober 2010, HKJC mengumumkan desain proyek yang direvisi. Desain yang direvisi ini mencakup pelestarian 16 bangunan bersejarah di CPS Compound, dan penambahan dua bangunan baru, yaitu JC Cube dan JC Contemporary, masing-masing digunakan sebagai auditorium dan galeri seni. Pekerjaan konstruksi dimulai pada November 2011.

Herzog & de Meuron, Purcell dan Rocco Design berkolaborasi dan memeriksa berbagai skema alternatif untuk membangun desain terbaik untuk digunakan kembali secara adaptif. Selain pintu masuk umum yang ada di Gerbang Pottinger, Gerbang Bailey Tua, Gerbang Arbuthnot, dan koneksi jembatan kaki ke Eskalator Tingkat Menengah telah dibangun untuk memungkinkan akses ke situs. Tangga dan lift memfasilitasi konektivitas pejalan kaki antara halaman atas dekat Chancery Lane dan halaman bawah dekat Hollywood Road, dan antara SoHo dan Lan Kwai Fong.

Pada tahun 2014, Jockey Club CPS Limited didirikan sebagai organisasi non-pemerintah (LSM) untuk mengoperasikan CPS Compound yang direvitalisasi, dengan nama Tai Kwun. Pada tahun 2015, Tai Kwun memulai proyek pendataan sejarah secara lisan, mewawancarai para pensiunan yang pernah bekerja di sana dan orang-orang yang terkait erat dengan lokasi, seperti masyarakat Central-Western District.Pekerjaan menghadapi kemunduran ketika dinding dan atap runtuh pada 2016. Departemen Bangunan menuntut sub-kontraktor yang dianggap bertanggung jawab atas kecelakaan tersebut. 

Revitalisasi Tai Kwun selesai pada tahun 2018 dan dibuka untuk umum. Pada tahun 2019 Tai Kwun menerima  Penghargaan Keunggulan tahun 2019 UNESCO Asia-Pacific Awards untuk Konservasi Warisan Budaya.

Berbeda dengan fungsi aslinya sebagai kantor polisi, gedung pengadilan, dan penjara, bangunan-bangunan tersebut sekarang dipajang sepenuhnya, memberikan masyarakat kesempatan untuk menghargai dari dekat arsitektur mereka yang kontras dan detail desain yang bagus.

Tai Kwun - Center for Heritage and Arts menampilkan film, fotografi, musik, pertunjukan, desain, budaya, dan warisan dari Hong Kong, kawasan dan dunia. Situs ini juga menampilkan pilihan restoran dan toko yang menawarkan pengalaman yang bermakna dalam budaya. Penghasilan dari pendirian ini berkontribusi pada pemeliharaan dan keberlanjutan situs. Lansekap kuliner yang luas memungkinkan pengunjung untuk memilih antara minuman ringan atau santapan lezat, sementara toko ritel menawarkan pilihan terbaik seperti buku, hadiah, dan pakaian. Program-program dan lokakarya yang menarik juga akan diselenggarakan untuk menggemakan warisan dan penawaran program kontemporer yang energetik di Tai Kwun.


Six things you need know about Tai Kwun Centre for Heritage and Arts
Sumber: timeout.com

HERZOG & DE MEURON, Iwan Baan · Tai Kwun, Centre for Heritage ...
Sumber: Divisare.com

Sumber: taikwun.hk


Sumber: taikwun.hk

Tai Kwun Central Police Station Revitalisation Project - Gold ...
Sumber: Divisare.com




Sumber:

https://en.wikipedia.org/wiki/Central_Police_Station_(Hong_Kong)

https://en.wikipedia.org/wiki/Tai_Kwun

http://www.hkmemory.org/central-police/text/station-q2-eng.php

https://en.wikipedia.org/wiki/Victoria_Prison

https://www.taikwun.hk/en/taikwun/about/history

https://en.wikipedia.org/wiki/Former_Central_Magistracy

https://www.heritage.gov.hk/en/conserve/central.htm

http://discovery.cathaypacific.com/tai-kwun-hong-kongs-incredible-art-heritage-experience/

https://drivenxdesign.com/hkg18/project.asp?ID=17628

https://www.timeout.com/hong-kong/art/six-things-you-need-know-about-tai-kwun-centre-for-heritage-and-arts

https://divisare.com/projects/390670-herzog-de-meuron-iwan-baan-tai-kwun-centre-for-heritage-art

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Himeji Castle, Hyogo Prefecture, Japan

Manusia Dan Tanggung Jawab (Ilmu Budaya Dasar)